Aplikasi Wifi untuk menjadikan PC atau Laptop Sebagi Router - Informatika

Latest

Kumpulan - Kumpulan Belajar Sistem Informasi Manajemen

Monday 8 May 2017

Aplikasi Wifi untuk menjadikan PC atau Laptop Sebagi Router

Smartphone Android telah menyediakan fitur untuk membuat portable hotspot alias tethering untuk berbagi koneksi internet kamu ke banyak device, tapi tidak ada fitur seperti itu di komputer Windows, yang membuat kita harus mencari aplikasi gratis terbaik WiFi hotspot untuk komputer kita.
Dengan aplikasi WiFi hotspot tadi, kamu nantinya bisa menjadikan laptop jadi WiFi hotspot hanya dengan beberapa klik. Pada artikel ini juga terdapat cara membuat WiFi hotspot tanpa aplikasi alias hanya menggunakan command prompt saja.

Aplikasi untuk Membuat WiFi hotspot

1. Connectify

Aplikasi Share Wifi Connectify
Connectify sebenarnya adalah aplikasi hotspot berbayar, namun tersedia versi gratisannya dengan fitur yang terbatas, tapi cukupan kok.
Versi berbayarnya dapat menghilangkan timer shut-off hotspot dan dapat share internet dari perangkat 3G dan 4G.
Versi gratis Connectify bekerja dengan baik dalam share koneksi internet kamu dan berjalan dengan baik di Windows 7 dan 8.
Ketika DSG membandingkan Connectify Free dengan aplikasi lain dalam daftar ini, aplikasi lain cenderung lebih unggul karena dapat membagikan koneksi dari perangkat 3G dan 4G serta fitur tambahan lainnya.

2. MaryFi

maryfi
MaryFi adalah aplikasi router WiFi berbasis aplikasi yang membantumu membuat WiFi hotspot dan kemudian share koneksi internet yang aktif di PC Windows kamu.
MaryFi ini gratis dan mendukung sistem operasi Windows 7. MaryFi memiliki antarmuka yang minimalis serta pendekatan yang mudah dimengerti saat kita mengakses fitur-fiturnya. Jadi, apabila kamu ingin share wifi dari laptop, cobalah MaryFi.
Kelebihan lain MaryFi
FYI, MaryFi juga dapat digunakan sebagai WiFi repeater (kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerima sinyal dari sebuah modem WiFi dan mempropagasi ulang sinyal tersebut dengan fitur WiFi yang tersedia pada komputer kamu).
Dengan kata lain, jika kamu mengaktifkan MaryFi namun tidak ada koneksi internet aktif di PCmu, aplikasi ini akan mengakses shared folders di PC kamu dari perangkat lain, atau bermain game multiplayer, memanfaatkan LAN.
Walau gratis, MaryFi tidak menyertakan iklan di aplikasinya. User experience tidak terganggu deh :D

3. MyPublicWiFi

MyPublicWiFi
Ini dia aplikasi lain untuk membuat WiFi hotspot yang mudah digunakan, MyPublicWiFi. Aplikasi ini merupakan freeware dan mendukung Windows 7,8 dan Windows Server 2008.
Karena aplikasi ini mendukung prosesor berarsitektur 32 dan 64 bit, MyPublicWiFi berjalan lancar di device apapun selama itu berbasis Windows.
Fitur-fitur utamanya adalah:
  • Kamu dapat mengetahui device apa saja yang terkonek dengan WiFi hotspot kamu, jadi walaupun kamu membuat sebuah open network, kamu masih bisa mengetahui siapa saja yang konek ke koneksi hotspot kamu.
  • Terdapat fitur URL Logging, sehingga kamu tahu situs (beserta detailnya) apa saja yang diakses selama sesi hotspot dibuka.
  • Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai WiFi repeater untuk memperpanjang sinyal home WiFi atau koneksi lain. Kamu juga dapat memperluas jangkauan modem WiFi kamu dalam beberapa detik saja.

4. mHotspot

mHotspot
mHotspot adalah aplikasi untuk membuat koneksi hotspot yang mudah digunakan.
Cukup pilih nama untuk hotspot, password, sumber koneksi internet dan jumlah maksimum klien. mHotspot bekerja di Windows 7 dan 8.
Fitur:
  • Hotspot dapat melayani hingga 10 klien. Kamu diberi fitur untuk membatasi jumlah perangkat yang terkoneksi hotspotmu.
  • Kamu dapat mengetahui detail perangkat WiFi yang terkoneksi dan detail konsumsi resource mereka.
  • Jika dibandingkan dengan yang lain, mHotspot punya ukuran file yang sangat kecil (sekitar 400 KB). Mendownloadnya tidak akan menjadi masalah walaupun koneksi internetmu empot-empotan…
mHotspot adalah aplikasi yang bagus jika kamu butuh aplikasi untuk membuat WiFi hotspot dengan banyak fitur tanpa menghabiskan banyak waktu! DSG suka fiturnya yang dimana kita dapat memilih sumber koneksi internet sebelum membuat hotspot.

5. My WIFI Router

Catatan: aplikasi ini sudah tidak bisa digunakan di Windows 10
My WIFI Router adalah aplikasi gratis untuk membuat WiFi hotspot di komputer Windows. Aplikasi ini mendukung versi Windows XP, 7, dan 8 baik arsitektur 32 maupun 64 bit.
Fitur Lainnya:
  • Manajemen perangkat yang terkoneksi lebih mudah serta kamu dapat membatasi kecepatan, blacklist, atau mengganti nickname tiap perangkat. Jadi, jika kamu ingin membatasi beberapa perangkat usil yang nyolong bandwidth, batasi saja perangkat tadi lewat client management.
  • Kemampuan untuk share koleksi video kamu menggunakan WiFi jadi kamu bisa menonton video yang tersimpan di PC, langsung dari smartphone kamu. Jika kamu mengaktifkan fitur Share Video, kamu akan diberi alamat IP; alamat IP tadi ketikkanlah di browser device lain untuk browsing dan memutar video yang tersimpan di folder tertentu pada PCmu.
Dengan adanya fitur tadi, My WIFI Router adalah aplikasi WiFi hotspot yang powerful, apalagi dilengkapi dengan antarmuka minimalis dan mudah dimengerti.

Cara membuat WiFi Hotspot tanpa install aplikasi apapun (cara manual)

DSG sudah memberikan daftar aplikasi gratis untuk membuat WiFi hotspot. Tapi jika kamu sedang tidak memungkinkan untuk download/lebih suka yang manual, berikut ini cara membuat WiFi hotspot menggunakan Windows Command Prompt.
  1. Buka command prompt dengan akses admin (administrative privileges). Klik kanan pada ikon Command Prompt dan pilih Run as Administrator. CMD
  2. Sekarang, cek apakah PC kamu support untuk membuat WiFi hotspot. Ketikkan command berikut di command prompt: netsh wlan show drivers netsh wlan show drivers
  3. Hasil command tadi akan menunjukkan hasil seperti gambar dibawah. Cek apakah PC kamu mendukung Hosted Network. Jika Ya, kamu bisa lanjut. Jika Tidak, berarti kamu tidak bisa membuat WiFi hotspot menggunakan metode ini.
  4. Jika WiFi network card kamu mendukung Hosted Network, kamu dapat membuat hotspot baru dengan sebuah command seperti berikut. Sesuaikan value ssid menjadi nama hotspot yang kamu inginkan, key menjadi password yang kamu inginkan: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Namahotspot key=passwordKamu netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Hotspotname key=password
  5. Apabila sukses, kamu akan mendapat notifikasi bahwa mode hosted network telah diatur menjadi ‘allow’ dan username serta password berhasil diubah. Sekarang kamu sudah berhasil membuat WiFi hotspot tapi kamu perlu mengaktifkannya dengan command: netsh wlan start hostednetwork netsh wlan start hostednetwork
  6. Jika ingin menonaktifkan hotspot: netsh wlan stop hostednetwork netsh wlan stop hostednetwork
  7. Untuk mengetahui detail WiFi hotspot yang telah dibuat, gunakan command netsh wlan show hostednetwork netsh wlan show hostednetwork
Sip! Kamu sudah bisa membuat WiFi hotspot di PC Windows hanya dengan command prompt! Sekarang ikuti langkah dibawah untuk share koneksi internet
1. Akses Network and Sharing Center dan klik pada Koneksi Internet Sumber/ Utama
Koneksi internet utama/ sumber (kotak hitam)
2. Klik Properties
3. Akses tab Sharing dan centang Allow other network users through this computer internet connection
4. Pada pilihan dropdown “Home Network Connection” Pilih network/ jaringan yang baru dibuat. Sebagai contoh disini koneksi saya adalah “Local Area Connection* 12

***
Berbicara mengenai yang favorit, My WIFI Router bisa jadi jawaban, karena proses pembuatan hotspot nya cepat dan kemampuan berbagi video ke seluruh jaringan.
Untuk pertanyaan yang sering ditanyakan dan solusinya lihat kolom komentar

No comments:

Post a Comment