Definisi Komputer - Informatika

Latest

Kumpulan - Kumpulan Belajar Sistem Informasi Manajemen

Saturday 6 May 2017

Definisi Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung . Dalam bahasa Inggris disebut ( to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer  (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampumelakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai denganinstruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya,serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untukmemanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikansupaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, danmenghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalammemori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbedatentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalahsuatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikaninformasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapatmenyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahandata, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama pengolahan dataelektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulankejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka,huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belumdapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentukyang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian,informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikanbentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan dataelektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermaknaberupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
komputer (kom.pu.ter) nomina (n) alat elektronik otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan; (nomina).

No comments:

Post a Comment